Monumen Abadi Untuk Perempuan Di Bulan

Posted @ 00:47 on Wednesday 9 June 2010 by Forex Education

MONUMEN ABADI
UNTUK PEREMPUAN DI BULAN


Jika kita menapakkan kaki di bulan, jejak yang kita tinggalkan akan bertahan selamanya. Hal ini terjadi karena di bulan tidak ada aktifitas erosi oleh angin atau air. Satu satunya yang dapat menghancurkan jejak tersebut adalah gempa dan tumbukan yang terjaid oleh meteorit, tapi hal tersebut sangatlah langka dan jarang sekali terjadi. Mengetahui hal ini, Uni Soviet membuat cara yang terbilang unik untuk memperingati hari perempuan sedunia. Mereka membuat jejak berbentuk angka 8 (delapan) menggunakan rover yang dikirim dari bumi hampir 30 tahun yang lalu.

Mengapa harus angka 8?

Mengutip dari universetoday.com, pengarang buku the international lunar exploratin, dr. Phil stook dari west ontario university menuliskan keberadaan angka delapan yang dibuat oleh lunokhod 2 sebagai berikut:

Pada tanggal 18 Januari, Lunokhod 2 bergerak menuju satu titik di pinggir utara kawah berukuran 25 meter di mana rover itu memotret pendarat dan bukit le monnier alfa yang terletak di kejauhan pada arah barat daya. Di situ, rover berputar di tempat membentuk jejak lingkaran dengan roda-rodanya, lalu berpindah beberapa meter dan membuat jejak lingkaran kedua. Jejak angkat delapan kemudian dinyatakan sebagai monumen untuk memperingati hari perempuan internasional, 8 maret, yang merupakan hari libur di uni soviet dan di rusia sekarang.


Lunokhod, sang pembuat Monumen Untuk Perempuan

Lunokhod adalah robot penjelajah yang digunakan untuk membuat monumen tersebut. Uni soviet mengirimkan 2 lunokhod ke bulan. Lunokhod 1 diluncurkan pada 10 november 1970 dan mendarat di bulan 7 hari kemudian. Sedangkan lunokhod 2 diluncurkan pada januari 1973 dan sampai di permukaan 3 hari kemudian.

Secara keseluruhan, robot (rover) ini memiliki 8 roda, 4 roda di masing masing sisi. Saat bergerak, roda-roda lunokhod akan dengan mudah membuat jejak di tanah bulan yang gembur. Rover ini dikendalikan dari sebuah ruang pengendali yang tentu saja berada di bumi. Dengan menentukan lintasan tempuh rover, pengendali bisa membentuk jejak unik sesuai keinginan mereka.

Monumen Abadi

Meskipun terlihat samar, monumen angka delapan buatan lunokhod 2 dapat kita lihat pada foto di bawah ini.




Foto panorama yang dihasilkan oleh lunokhod 1 memperlihatkan ada jejak dua lingkaran berdekatan satu sama lain yang membentuk angka delapan. Pada gambar di bawah, jejak angka delapan bisa terlihat di kanan tengah.


Jejak angka delapan oleh roda kedua rover di dua tempat berbeda di bulan
telah menjadi monumen abadi yang dipersembahkan uni soviet untuk perempuan di seluruh dunia.


Lunokhod 1 merupakan rover pertama buatan manusia yang berpertualang di permukaan bulan. Panjang rover ini adalah 2.3 meter dengan berat 5.6 ton, dibawa oleh pendarat bernama luna 17 . Robot penjelajah ini beroperasi selama 322 hari bumi dan menempuh jarak 10.5 kilometer. Lukhonod 1 tidak banyak ditulis dalam sejarah karena kalah tenar dibandingkan program Apollo yang sukses diluncurkan amerika serikat dari tahun 1961 hingga 1975.

sumber

0 Comments

What Is Your Comment?

Powered by Blogger.